Home - Rilis Berita - Tingkatkan Mutu Genetik, Tim PKM-I Dosen FPt UHO Edukasi Peternak Sapi Bali di Konsel
Tingkatkan Mutu Genetik, Tim PKM-I Dosen FPt UHO Edukasi Peternak Sapi Bali di Konsel
Tingkatkan Mutu Genetik, Tim PKM-I Dosen FPt UHO Edukasi Peternak Sapi Bali di Konsel
Administrator | Selasa, 31.12.2019 10:14 WIB | Dibaca: 54 kali

KONSEL, INIKATASULTRA.COM – Sebagai bentuk implementasi perwujudan salah satu poin tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, melalui Program Kemitraan Masyarakat Internal (PKM-I) Universitas Halu Oleo (UHO) dosen Fakultas Peternakan memberikan edukasi melalui bimbingan teknis (bimtek) seleksi bibit.


Kegiatan bimtek seleksi bibit tersebut dilaksanakan pada kawasan sentra sapi bali yang berada di Kecamatan Palangga, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), bimtek ini dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup lama terhitung sejak bulan Mei lalu hingga Desember 2019 mendatang.



Dalam kegiatan bimtek tersebut pun melibatkan sejumlah dosen yang memiliki kompetensi ahli pada bidang pemuliaan ternak seperti Dr. Ir La Ode Nafiu sebagai Ketua Tim, bidang reproduksi ternak Achmad Slamet Aku, S.Pt M.Si, bidang nutrisi makanan ternak Dr. Deki Zulkarnain, S.Pt, M.Si sedangkan Bidang Agribisnis Peternakan  Musram Abadi S.Pt, M.Si selain dari Tim dosen juga melibatkan beberapa mahasiswa Fakultas Peternakan UHO.


Ketua Tim PKM-I, La Ode Nafiu menjelaskan permasalahan yang menjadi keluhan peternak mitra berhubungan dengan pengembangan kawasan sentra bibit sapi bali adalah sistem seleksi bibit sapi bali yang tidak terkontrol berimbas pada lambatnya pertumbuhan dan penurunan kualitas produksi.


“Kebanyakan pejantan unggul dijual cepat oleh peternak karena memiliki harga jual yang tinggi atau karena alasan desakan ekonomi. Selain itu, penanganan dan pencegahan penyakit reproduksi pun masih dilakukan secara tradisional. Sehingga usaha ternak sapi bali secara umum belum memberikan kontribusi yang maksimal dalam meningkatkan penghasilan peternak mitra guna meningkatkan kesejahteraan rumah tangganya,” ungkapnya Jumat (15/11/19)..


Lebih lanjut dirinya juga mengungkapkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman anggota mitra tentang pentingnya seleksi bibit sapi bali perlu dilakukan agar peternak termotivasi untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.


“Kegiatan yang ditawarkan dalam kegiatan ini berupa transfer pengetahuan yang dimiliki oleh tim pelaksana kegiatan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sapi bali, peranan seleksi dalam meningkatkan mutu genetik yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas ternak,” tambahnya.


Sementara itu, Anggota Tim PKM-I, Musram Abadi S.Pt, M.Si mengemukakan bahwa peningkatan keterampilan teknis anggota mitra dilakukan melalui pelibatan mereka dalam pelatihan dan demonstrasi selama kegiatan bimbingan teknis berlangsung.


“Memberikan penyuluhan dan bimbingan teknis kepada kelompok peternak sapi bali dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat seperti tokoh masyarakat, pemuda dan aparat pemerintah kecamatan/kelurahan. Kegiatan ini sekaligus dimanfaatkan untuk mensosialisasikan program PKM-I sehingga terbangun komunikasi yang baik antara tim pengabdian, kelompok peternak, pemerintah setempat, dan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (ASL)