Home - Rilis Berita - Tingkatkan Pengetahuan Peternak Ayam Kampung Super melalui Program KKN-Tematik FPt UHO di Kecamatan
Tingkatkan Pengetahuan Peternak Ayam Kampung Super melalui Program KKN-Tematik FPt UHO di Kecamatan
Tingkatkan Pengetahuan Peternak Ayam Kampung Super melalui Program KKN-Tematik FPt UHO di Kecamatan
Administrator | Senin, 29.06.2020 22:58 WIB | Dibaca: 21 kali
kkn tematik
kkn tematik

ULTRALINE.ID, KENDARI – Pengabdian Masyarakat yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Tim Pelaksana Dosen dan Peserta KKN Tematik Fakultas Peternakan (FPt) Universitas Halu Oleo (UHO) yang terdiri dari La Ode Nafiu, Takdir Saili, Musram Abadi, Andini Sulfitrana, Restu Libriani Wa laili Salido, Dhian Purnaning Isnaeni dan 29 Peserta KKN Tematik mendukung pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan Penyuluhan Tentang Budidaya Ayam Kampung Super di Pekarangan Mendukung Pencegahan Penularan Covid-19 di Kecamatan Abeli Kota Kendari.


Kelurahan Anggalomelai Kecamatan Abeli dan Kelurahan Nambo Kecamatan Nambo Kota Kendari, merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pengembangan usaha budidaya ayam kampung super. Namun pengembangan potensi tersebut masih terkendala dengan pengetahuan yang minim dari masyarakat tentang persoalan Pakan, Bibit, IB, Sanitasi dan Kesehatan Ternak serta manajemen pemasaran ayam kampung super.


Dalam rangka mendorong potensi dan menghadirkan solusi serta mengubah kebiasaan masyarakat dalam beternak ayam kampung super, Fakultas Peternakan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Halu Oleo melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui KKN TEMATIK FPt 2020 sebagai bentuk penerapan Tridharma Perguruan Tinggi melalui bimbingan teknis (bimtek) dan penyuluhan tentang Teknologi Pakan, Bibit dan Teknik Seleski, Teknologi Inseminasi Buatan (IB), Sanitasi dan Kesehatan Ternak serta Manajemen Pemasaran.


 


img_20200629_201705_471


Bentuk bimbingan teknis dan penyuluhan ini dilakukan dengan menggunakan 2 metode, yaitu (1) Bimtek dan Penyuluhan dengan metode virtual/daring, dan (2) Bimtek dan penyuluhan dengan metode tatap muka secara individu dengan tetap memperhatikan protocol pengendalian Covid 19.


Ketua Tim Pelaksana KKN TEMATIK FPt UHO, La ode Nafiu menuturkan pada saat pembekalan peserta KKN TEMATIK yang dilakukan secara virtual/daring, pengabdian tersebut sangat penting untuk dilakukan dalam rangka mendorong pengetahuan yang baik dalam budidaya ayam kampung super dipekarangan dalam penerapan pencegahan covid-19.


“Pengabdian tersebut dilakukan secara bertahap dan terdiri dari program inti dan program tambahan yang dilakukan di Kelurahan Nambo dan Kelurahan Anggalomelai dengan tujuan memberikan pemahaman kepada peternak mengenai pakan, bibit, IB, sanitasi dan pemasaran sehingga mampu meningkatkan produktivitas budidaya ayam kampung super yang dipeliharanya”, ujarnya.


 


(webinar antara Tim pelaksana dan peserta KKN Tematik FPt UHO)(webinar antara Tim pelaksana dan peserta KKN Tematik FPt UHO)


img_20200629_201714_795


img_20200629_201709_188


Kordes KKN TEMATIK FPt UHO, Ahmad Riyadi telah meminta kerja sama sebelumnya kepada pihak Kelurahan Nambo dan Kelurahan Anggalomelai, Kecamatan Abeli serta Kapolsek Abeli untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu KKN TEMATIK selama1 bulan.


La Ode Nafiu berharap program pengabdian masyarakat dalam bentuk KKN TEMATIK ini dapat merubah dan memberikan motivasi kepada peternak ayam kampung super di saat hanya bisa bekerja di rumah saja karena adanya covid-19.


“Dalam mewujudkan tujuan tersebut maka kegiatan ini melibatkan beberapa tenaga dosen yang menjadi Tim pelaksana KKN TEMATIK FPt UHO dengan keahlian sesuai kebutuhan diantaranya Dr. Ir. La Ode Nafiu, M.Si sebagai Ahli Pemuliaan Ternak, Prof. Dr. Takdir Saili, M.Si sebagai Ahli Reproduksi Ternak, Musram Abadi, S.Pt,.M.Si sebagai Ahli Agribisnis Peternakan, drh. Restu Libriani.,M.Si sebagai Ahli Kesehatan Hewan, Andini Sulfitrana, S.Si.,M.Kes sebagai Ahli Bioteknologi Ternak, Wa Laili Salido, S.Pt, M.Si sebagai Ahli Pakan Ternak, drh. Purnaning Dhian Isnaeni sebagai Ahli Kesehatan Hewan”, tambah La Ode Nafiu.


Disamping program inti ada juga program tambahan (Pembagian masker, pembuatan cuci tangan) semua ini dilakukan di 2 Kelurahan tersebut, sebagai salah satu cara untuk mencegah penularan Covid-19. Tak lupa pula peserta KKN TEMATIK FPt UHO memberikan ilmu dalam bidang peternakan yaitu pembuatan mesin tetas, Pelatihan Inseminasi Buatan (IB), dan Pembuatan polibag sayuran melalui pemanfaatan feses ayam dipekarangan.