Home - Rilis Berita - Tim KKN Tematik UHO Melakukan Bimtek Produk Hewani Penguat Stamina Melawan Covid 19 Kepada Masyaraka
Tim KKN Tematik UHO Melakukan Bimtek Produk Hewani Penguat Stamina Melawan Covid 19 Kepada Masyaraka
Tim KKN Tematik UHO Melakukan Bimtek Produk Hewani Penguat Stamina Melawan Covid 19 Kepada Masyaraka
Administrator | Sabtu, 18.07.2020 17:13 WIB | Dibaca: 261 kali

Tim KKN Tematik UHO Melakukan Bimtek Produk Hewani Penguat Stamina Melawan Covid 19 Kepada Masyarakat Wua Wua Membuat


 


Kecamatan Wua-Wua, merupakan salah satu kecamatan yang berada di kota Kendari, yang terbagi menjadi 4 (empat) kelurahan yaitu Kelurahan Wua-Wua, Kelurahan Anawai, Kelurahan Bonggoeya, dan Kelurahan Mataiwoi.


Tim Mahasiswa KKN Tematik UHO melaksanakan program KKN Tematik di Kecamatan Wua-wua dengan tema produk pangan hasil ternak yang menunjang kebugaran pada saat masa pandemi covid 19.


Dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Harapin Hafid, M.Si., Ir. Nuraini, M.P., Rahim Aka, S.Pt., M.P., Dr. Nur Santy Asminaya, S.Pt., M.Si., Fitrianingsih, S.Pt., M.Sc., Rachmita Dewi Subaedi Toba, S.Pt., M.Pt., dan Asma Bio Kimestri, S.Pt., M.Sc.


Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik di Kecamatan Wua-Wua adalah melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis secara langsung di masyarakat tentang produk pangan ternak yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh di masa pandemi covid 19, melakukan pelatihan pembuatan produk hasil ternak berupa bakso kelor, abon ayam temulawak, telur asin jahe, dan susu kunyit, serta sosialisasi kegiatan yang berkaitan dengan peternakan di setiap kelurahan yang ada di kecamatan Wua Wua.


Kegiatan sosialisasi diikuti oleh staff kecamatan dan kelurahan setempat, masyarakat, dan ibu-ibu PKK yang ada di kecamatan Wua-Wua. Drs. Hajar Aswad selaku Camat Wua-Wua merasa gembira dan bangga terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim dan mahasiswa KKN Tematik, beliau berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga kecamatan Wua-Wua dan dapat terus berlanjut, demikian yang diucapkannya saat memberi pengarahan pada awal sosialiasi.


Masyarakat mengungkapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat menambah keberagaman olahan pangan asal ternak yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan berharap bisa meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi covid 19.


Kegiatan KKN Tematik ini merupakan salah satu kegiatan yang fasilitasi oleh LPPM Universitas Halu Oleo melalui skema KKN Tematik Terintegrasi Pengabdian Kepada Masyarakat dana internal Universitas Halu Oleo tahun 2020.


 


 


 


Gambar 1. Tim KKN Tematik bersama Lurah, Sekretaris Camat, dan Mahasiswa KKN Tematik


 


Gambar 2. Sosialisasi dan Bimtek pembuatan produk pangan hasil ternak


 


 


 


 


Gambar 3. Sosialisasi dan Bimtek produk pangan hasil ternak kepada masyarakat kecamatan Wua-Wua























       
   
     
 

 


 































Gambar 4. Contoh produk pangan hasil ternak (bakso kelor, abon ayam temulawak, telur asin jahe, dan susu kunyit)