Home - Rilis Berita - Pengabdian Masyarakat, Tim PKM FPt UHO Beri Penyuluhan Budidaya Ayam Bangkok
Pengabdian Masyarakat, Tim PKM FPt UHO Beri Penyuluhan Budidaya Ayam Bangkok
Pengabdian Masyarakat, Tim PKM FPt UHO Beri Penyuluhan Budidaya Ayam Bangkok
Administrator | Selasa, 03.09.2019 14:37 WIB | Dibaca: 398 kali
Pengabdian Masyarakat, Tim PKM FPt UHO Beri Penyuluhan Budidaya Ayam Bangkok
Pengabdian Masyarakat, Tim PKM FPt UHO Beri Penyuluhan Budidaya Ayam Bangkok

KENDARI, INIKATASULTRA.com  Tim Dosen Fakultas Peternakan (FPt) Universitas Halu Oleo (UHO) yang terdiri dari Musram Abadi, La ode Saidi dan Rahim Aka mendukung pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan budidaya ayam bangkok dalam meningkatkan pendapatan peternak di Desa Sindang Kasih, Kecamatan Ranomeeto Barat, Konawe Selatan.


Desa Sindang Kasih yang merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi pengembangan usaha budidaya ternak ayam bangkok. Namun pengembangan potensi tersebut masih terkendala oleh perilaku masyarakat yang memelihara ayam bangkok sebagai hobi bukan sebagai sumber pendapatan tambahan.


Dalam rangka mendorong potensi dan menghadirkan solusi serta mengubah kebiasaan masyarakat dalam beternak ayam bangkok, Fakultas Peternakan UHO melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UHO dan Kemenristekdikti melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk penerapan Tridharma perguruan tinggi melalui Skim Program Kemitraan Masyarakat (PKM).


Ketua Tim PKM, Musram Abadi menuturkan pengabdian tersebut sangat penting untuk dilakukan dalam rangka mendorong masyarakat pembudidaya ayam bangkok menerapkan majemen pemeliharaan yang baik dan benar sehingga produktivitas dapat ditingkatkan.


“Pengabdian tersebut dilakukan secara bertahap, tahap pertama yang dilakukan oleh tim PKM tersebut adalah sosialisasi dan penyuluhan kepada Kelompok Peternak Pembudidaya Ayam Bangkok dengan tujuan pemberdayaan peternakan dengan memberikan pemahaman kepada peternak mengenai manajemen pemeliharaan ayam bangkok seperti manajemen pemeliharaan, manajemen teknologi pakan, manajemen kesehatan dan manajemen pembibitan ternak ayam bangkok,” ujarnya.


Musram berharap program pengabdian dan pemberdayaan tersebut dapat merubah dan memberikan motivasi kepada peternak ayam bangkok di Desa Sindang Kasih.


“Dalam mewujudkan tujuan tersebut maka kegiatan ini melibatkan beberapa tenaga dosen Fakultas Peternakan UHO dengan keahlian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan diantaranya Dr. Ir. La Ode Nafiu sebagai Ahli Pemuliaan Ternak, Hamdan Has, S.Pt, M.Si sebagai Ahli Nutrisi Pakan Ternak, Amiluddin Indi, S,Pt, M.Si sebagai Ahli Produksi Ternak dan drh. Putu Nara Sanjaya sebagai Ahli Kesehatan Ternak yang bertanggungjawab memberikan materi penyuluhan dalam meningkatkan pengetahuan peternak tentang manajemen budidaya ayam bangkok,” tambah Musram.


Tahap selanjutnya yang akan dilakukan adalah transfer ilmu pengetahuan dan teknologi ke kelompok peternak pembudidaya ayam bangkok melalui sosialisasi dan penyuluhan manajemen pemeliharaan seperti yang telah dilakukan.


Pihaknya juga akan memberikan bimbingan teknis pembuatan pakan lokal, teknik penetasan, penerapan biosecurity, dengan menerapkan dan memanfaatkan teknologi sehingga produktivitas dapat ditingkatkan.


“Penerapan dan pemanfaatan teknologi tersebut diantaranya adalah pengadaan mesin pelleting dan grender, mesin tetas dan pembuatan kandang ayam bangkok yang memenuhi syarat teknis dan kelayakan yang diberikan kepada Kelompok Pembudidaya Ayam Bangkok di Desa tersebut,” tutupnya. (ASL)