3 Tim Fakultas Peternakan UHO Ikuti Seleksi Socio Technoprenur Campus (STC) Tahap 1

FPT UHO 8 September 2021 Komentar Dinonaktifkan pada 3 Tim Fakultas Peternakan UHO Ikuti Seleksi Socio Technoprenur Campus (STC) Tahap 1
WhatsApp Image 2021-09-07 at 12.47.36

Pemerintah menaruh perhatian besar dalam mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan (starup) yang mengadopsi teknologi untuk akselerasi pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu diperukan kolaborasi yang optimal dalam mendukung pertumbuan ekosistem kewirausahaan berbais digital dengan pendekatan penta helix (ABCG) yang melibatkan Akademisi, Pelaku Usaha/Badan Usaha, Komunitas/Masyarakat, dan Pemerintah. Oleh karena itu Kementerian Investasi/BKPM akan mengimplementasikan hal dimaksud dengan bentuk Program Socio Technopreneur Campus Tahun Anggaran 2021 (STC 2021) di lingkungan Perguruan Tinggi/Kampus. Tujuan kegitan tersebut adalah memberi wadah bagi generasi muda untuk berinovasi yang diharapkan dapat mejadi solusi transformasi digital dalam skema peningkatan efisiensi dan keterbaruan industrialisasi manufaktur.

Kegiatan STC 2021 terdapat 5 Perguruan Tinggi terpilih yaitu Universitas Andalas, Institut Pertanian Bogor, Universitas Mulawarman, Universitas Cenderawasi, dan Universitas Halu Oleo. Setiap kampus mengirimkan 5 perusahaan starup terbaiknya. Universitas Halu Oleo mengirimkan 5 usaha straup terbaik, 3 diataranya merupakan usaha dari alumni dan mahasiswa Fakultas Peternakan. Pada tahap ini akan dipilih 15 usaha starup terbaik untuk dilakukan pembinaan oleh Kementerian Investasi/BKPM dan juga knowledge sharing selama sebulan. Pada tahap akhir akan dilaksanakan seleksi tahap 2 dengan memilih 5 usaha starup terbaik untuk mengikuti Program Speed Dating, yaitu mempertemukan pengusaha starup terbaik tersebut dengan investor, yang seluruhnya difasilitasi oleh Kementerian Investasi/BKPM RI.

Seleksi tahap 1 yang berlangsung cesara daring pada hari Rabu, 8 September 2021, dengan melibatkan 7 orang dewan juri yang terdiri atas pakar dari perguruan tinggi, pengusaha, dan Kementerian Investasi sendiri. Ketiga tim dari Fakultas Peternakan UHO mengikuti seleksi secara daring dari Ruang Rapat Pimpinan Fakultas Peternakan yang didampingi langsung oleh Dekan FPt UHO Dr. Ir. Ali Bain, M.Si., Ketua Jurusan Peternakan Dr. Ir. La Ode Arsad Sani, M.Sc., I.P.M., dan salah satu Dosen Pendamping Ir. Syam Rahadi, S.Pt., M.P., M.M., I.P.M.

Diakhir acara salah seorang peserta seleksi STC La Diman menuturkan bahwa “Apapun hasil keputusan dari dewan juri tetap kita syukuri, jangan mudah menyerah, dan selalu semangat”. Pada kesempatan yang sama Dekan Fakultas Peternakan UHO berharap ketiga usaha starup yang diajukan oleh Fakultas Peternakan mendapatkan bantuan modal dan pembinaan dari Kementerian Investasi/BKPM untuk menjadi usaha yang lebih besar lagi, karena ketiga usaha telah berjalan selama 2 tahun lebih yang telah dibina dengan baik melalui program PPK dan PMW dengan progres yang sangat baik.

Tiga usaha starup dari Fakutas Peternakan yang megikuti seleksi STC 2021 yaitu Usaha Budidaya Ayam Kampung Super “Roket AKS” dengan Ketua Abdes Rijanto, S.Pt., Usaha Pupuk Organik Sejati (POS) dengan Ketua Tim La Diman, serta Usaha Rumah Potong Ayam (RPA) Makmur Sagala dengan Ketua Sastra Wijaya.

(Foto: Koordinator 3 starup FPt, Abdes Rijanto, S.Pt., La Diman, dan Sastra Wijaya, sedang mengikuti interview secara daring oleh Panitia Seleksi STC 2021 Kemterian Investasi/BKPM RI)