Cegah Plagiarisme, Fakultas Peternakan UHO Lakukan Pelatihan Penulisan Referensi Ilmiah Berbasis Endnote

FPT UHO 1 April 2022 No Comments
IMG_4986

Demi membekali mahasiswanya terhindar dari plagiarisme, Fakultas Peternakan (FPt) UHO memberikan pelatihan referensi ilmiah berbasis elektronik dengan menggunakan aplikasi Endnote.

Dikutip dari wikipedia, Endnote adalah paket perangkat lunak manajemen referensi komersial, yang digunakan untuk mengelola bibliografi dan referensi saat menulis esai, laporan, dan artikel. Aplikasi ini juga berfungsi adalah untuk mengolah referensi, gambar, melacak referensi online serta menyusun bibliografi manuskrip.

Dr. Ir. Ali Bain, M.Si selaku Dekan Fakultas Peternakan UHO mengatakan kegiatan ini yang di lakukan ini sangat positif mengingat dengan adanya referensi ilmiah berbasis elektronik menggunakan aplikasi Endnote dapat mempermudah mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas yang di berikan.

“Peserta yang mendapatkan pelatihan referensi karya ilmiah dengan penggunaan aplikasi berbasis Endnote ini, selain membantu mahasiswa terhindar dari plagiarisme juga memudahkan mahasiswa dalam membuat karya ilmiah yang baik,” ujarnya.

Dr. Sarinah selaku pemateri mengatakan mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan ini.

“Penggunaan aplikasi Endnote sebenarnya sangat membantu mahasiswa dalam membuat karya ilmiah sehingga dapat membuat karya ilmiah yang valid dan terhindar dari plagiarisme,” ucapnya.

Meski aplikasi Endnote bukanlah satu-satunya aplikasi referensi berbasis ilmiah, tapi aplikasi yang satu ini di nilai sangat cocok bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas perkuliahan ataupun karya ilmiah lainnya.

“Aplikasi ini berguna bagi mahasiswa baik yang sedang dalam proses perkuliahan maupun mahasiswa tingkat akhir,” ucapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat menulis karya ilmiah sesuai kaidah karya ilmiah secara nasional, serta memudahkan mahasiswa itu sendiri lebih mudah mendeteksi kevalitan referensi yang di gunakannya. Sehingga akan dapat menghasilkan karya ilmiah yang memilili kevalitan baik dalam skala nasional dan internasional.

“Dengan penggunaan aplikasi seperti ini dapat menghindari plagiarisme serta dapat menunjang keabsahan karya ilmiah,” ujar Dekan Fakultas Peternakan.

Kegiatan yang dilakukan selama 3 hari sejak Senin (28/3/2022) hingga Rabu (30/3/2022) bertempat di Laboratorium Komputer Fakultas Peternakan Universitas Halu Oleo ini di hadiri oleh 120 orang peserta dari angkatan yang berbeda-beda.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments