Mahasiswa Peternakan UHO Mengikuti KMI Expo XII di Universitas Brawijaya Malang

FPT UHO 18 November 2021 Komentar Dinonaktifkan pada Mahasiswa Peternakan UHO Mengikuti KMI Expo XII di Universitas Brawijaya Malang
WhatsApp Image 2021-11-18 at 21.21.03

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, pada tahun 2021 merupakan KMI Expo yang ke-12 dan diadakan di Universitas Brawijaya Malang yang berlangsung tanggal 17-19 November 2021.

Ada empat rangkaian acara utama KMI Expo XII yaitu (1) KMI Award, merupakan ajang apresiasi dan anugerah kepada mahasiswa yang berwirausaha, (2) Startup Summit Award yaitu kegiatan yang diselenggarakan khusus untuk peserta startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) tahun 2021 penerima bantuan pendanaan Direktorat Belmawa, Ditjen Dikti Ristek.  (3) PWMI Award, merupakan suatu penghargaan dan apresiasi yang diberikan bagi dosen mahasiswa dari perguruan tinggi yang tergabung dalam Pendampingan Wirausaha, dan (4) Pameran & Bazaar Produk. Peserta KMI Expo XII 2021 memamerkan produk bisnis yang dihasilkan. KMI Expo XII dilaksanakan secara online dan offline. Selain acara utama juga ada beberapa acara pendukung berupa Workshop Coffee Sharing, Kuliah Umum, Studium Generale International, Talkshow 4.0, jalan sehat, dan lokakarya kemahasiswaan.

Pada kesempatan ini Universitas Halu Oleo mengirimkan 4 orang mahasiswa terpilih yang merupakan entrepreneur muda terbaik dan berhasil menjalankan bisnisnya. Salah seorang peserta merupakan mahasiswa Fakultas Peternakan UHO atas nama La Diman. Mahasiswa angkatan 2016 merupakan pemilik usaha pupuk organik dengan brand Pupuk Organik Sejati. Bahan baku pupuk dari feses sapi dan feses kambing. Usaha yang mulai dirintis dari tahun 2019 ini merupakan binaan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) dengan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemenristekdikti dengan Ketua Tim Dr. Ir. Ali Bain, M.Si.

(Tim KMI Expo XII Universitas Halu Oleo)

Pada KMI Expo XII selain mengikuti Pameran dan Bazar Produk, La Diman juga mengikuti seleksi KMI Award, Kuliah Umum, Studium Generale International, dan Talkshow 4.0 kewirausahaan

Kuliah Umum kewirausahaan disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Bapak Teten Masduki, Mendikbud Ristek Bapak Nadiem Anwar Makarim, Menteri BUMN Bapak Erick Thohir, Menpora Bapak Zainudin Amali, Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa. Sedangkan untuk Studium Generale International dan Talkshow 4.0 Kewirausahaan disampaikan oleh para Owner dan CEO dari kalangan enterpreneur milenial misalnya Gilang Widya Pramana yang merupakan CEO Juragan 99, Founder J99 Corp.