Pelatihan Pembuatan Pakan Komplit Berbasis Bahan Lokal

FPT UHO 19 Juni 2022 No Comments
IMG_20220619_142313 - Ir. Syamsuddin

Upaya peningkatan kompetensi mahasiswa terus dilkukan, kali ini Laboratorium Unit Teknologi Pakan Ternak Fakultas Peternakan UHO menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan Pakan Komplit Berbasis Bahan Lokal. Pelatihan ini didasari pada keberlimpahan sumber bahan pakan lokal namun belum termanfaatkan secara maksimal. Memanfaatkan pakan lokal diharapkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan pakan impor yang relatif mahal dan susah diakses. Ketua pelaksana pelatihan Bapak Syamsuddin, S.Pt., M.P. mengungkapkan bahwa pelatihan ini untuk menambah keterampilan dan wawasan mahasiswa dalam hal teknologi pengolahan pakan, sehingga pemanfaatan bahan pakan lokal lebih maksimal.

Pelatihan dilaksanakan secara hybrid yang diikuti 50 orang secara luring dan 70 orang secara daring, dengan menghadirkan pemateri Dr. Ir. Sri Purwanti, S.Pt., M.Si., IPM., ASEAN Eng. (Dosen Fakultas Peternakan Unhas) yang menyapaikan materi dengan topik yang “eksplorasi dan potensi pemanfaatan bahan lokal untuk ternak unggas”. Pemateri kedua yaitu Dr. Teguh Wahyono, S.Pt., M.Si. (Peneliti Aplikasi Isotop dan Radiasi pada Hijauan Pakan Ternak, Badan Riset dan Inovasi Nasional) dengan topik “eksplorasi dan potensi pemanfaatan bahan lokal untuk ternak ruminansi di Indonesia”. Pelaksanaan dilaksanakan selama 2 hari tanggal 17-18 Juni 2022.

(penyampaian materi secara daring)

Pada saat membuka acara Dekan Fakultas Peternakan UHO Dr Ir Ali Bain, M.Si. menyampaikan dengan adanya kegiatan seperti ini keterampilan mahasiswa dapat meningkat, sehingga pada saat sarjana dan terjun ke dunia kerja telah memiliki keterampilan dan tumbuh jiwa wirausaha. Ketua pelaksana berharap kegiatan seperti ini diagendakan setiap tahun dan menjadi kegiatan unggulan di fakultas dan lanjutkan pelatihan penyusunan komposisi dan pembuatan pakan komplit berbasis bahan lokal.

(pengenalan bahan baku pakan lokal di Laboratorium Teknologi Pakan)

(pakan pellet yang dihasilkan saat pelatihan dengan bahan baku pakan lokal )