Sumpah Pemuda dan Sektor Pertanian

FPT UHO 16 November 2020 No Comments
976776_720

Peringatan hari sumpah pemuda ke-92 yang jatuh pada Rabu, 28 Oktober 2020 ini memiliki makna serta spirit baru bagi Nur Agis Aulia, seorang petani milenial sekaligus founder Jawara Farm yang berbasis di Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Agis, begitu ia disapa mengatakan bahwa hari sumpah pemuda dan sektor pertanian adalah dua korelasi yang sama-sama tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. “Harus menjadi tonggak sejarah, dimana masalah pangan harus tertanam didalam benak pemuda,” katanya, pada Rabu, 28 Oktober 2020.

Menurut Agis, selama pemuda dan pemudi Indonesia masih mengkonsumsi beras, sagu, buah, sayur dan kebutuhan gizi hewani, artinya mereka masih butuh peranan petani dan peternak untuk memenuhi kecukupan makanan sehari-hari.

“Oleh karena itu, sudah selayaknya pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia peduli pada sektor pertanian, dan semoga mereka bisa terlibat langsung dalam menyiapkan pangan terbaik untuk negeri. Selamat hari sumpah pemuda, semoga ini menjadi komitmen kita untuk berkontribusi dalam melahirkan kedaulatan pangan Indonesia. Merdeka!” katanya.

Mengenai hal ini, Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa tahun ini ada sekitat 33,4 juta petani yang bergerak di semua komoditas sektor pertanian. Angka tersebut jumlahnya jauh lebih kecil jika dibandingkan jumlah petani pada tahun sebelumnya yang mencaapi 34,58 juta.

 

sumber: https://nasional.tempo.co/read/1400183/sumpah-pemuda-dan-sektor-pertanian/full&view=ok

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments